Satgas COVID-19 Trenggalek Tertibkan Hajatan, Puluhan Orang Swab Antigen

by 7


2021-08-02 03:37:52
2

900x300

Trenggalek - Satgas COVID-19 Trenggalek menertibkan sejumlah warga yang nekat menggelar hajatan di masa PPKM. Saat penertiban juga dilakukan swab antigen.

Kepala Satpol PPK Trenggalek Triadi Atmono mengatakan, operasi penertiban tersebut dilakukan di tiga titik di Kecamatan Munjungan. Pihaknya menjumpai masih banyak warga yang nekat menggelar pesta pernikahan, padahal sesuai ketentuan selama masa PPKM level 4, secara tegas telah dilarang.

"Jadi sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24, kemudian Keputusan Gubernur Jatim Nomor 418 serta Keputusan Bupati Trenggalek Nomor 383," kata Triadi, Jumat (30/7/2021).

Terkait maraknya hajatan, pihaknya mengaku mendapat beberapa pengaduan dari masyarakat. Satgas COVID-19 Trenggalek akhirnya turun langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan penertiban.

"Kami bersama unsur tiga pilar turun langsung untuk melalukan penertiban. Sebelum kami tertibkan, penyelenggara hajatan sudah mendapat edukasi dari satgas di tingkat desa, namun masih nekat menggelar hajatan," imbuhnya.

Triadi menambahkan, proses pembubaran hajatan tersebut dilakukan dengan tertib. Pihaknya mengklaim tidak ada perlawanan dari penyelenggara hajatan maupun masyarakat yang lain. "Penertiban kami lakukan secara humanis, masyarakat kami jelaskan secara pelan-pelan. Kami bersyukur mereka bisa menerima," tambahnya.

Dalam penertiban hajatan itu Satgas COVID-19 juga menggandeng dinas kesehatan, untuk melakukan swab antigen terhadap penyelenggara hajatan maupun tamu undangan yang datang.

"Yang di-swab antigen itu di setiap titik ada sekitar 10 orang, terdiri dari penyelenggara hajatan, kemudian yang rewang, pelayan maupun tamu undangan," jelas Triadi.

Plt Camat Munjungan, M Hartono mengatakan, dari puluhan sampel swab yang diperiksa, terdapat satu orang yang dinyatakan reaktif.

"Ada satu orang yang reaktif, saat ini telah ditangani oleh Puskesmas Munjungan, sesuai prosedur penanganan COVID-19," kata Hartono.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5663345/satgas-covid-19-trenggalek-tertibkan-hajatan-puluhan-orang-swab-antigen

Bagikan Ke:

N

Neitued
05 Apr 2023 20:47

Esophageal strictures may be noted on upper endoscopy, especially in patients with non steroidal anti inflammatory drugs NSAID, quinidine, and potassium chloride induced esophagitis <a>how much